Kampung Tua Bakau Serip Raih Penghargaan Desa Wisata Terbaik

30
Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dan Kepala BP Batam Muhammad Rudi kunjungi Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip. Foto: Humas

Batam, Batamekspres.id – Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno menekankan tiga hal penting yang dimiliki oleh Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip. Yakni sebagai sarana rekreasi, edukasi, dan konservasi.

“Dari 100 orang pekerja yang mengelola Desa Wisata ini membuktikan bahwa sektor pariwisata melahirkan lapangan kerja,” ujar Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip, Nongsa, pada Selasa,31 Mei 2022 yang didampingi Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

BACA JUGA:   Petugas Kebersihan Batam Dibentak Warga Gegara Tegur Buang Sampah Sembarangan di Jalan Trans Barelang

Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip berhasil meraih posisi 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia pada gelaran Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dengan mengusung tema: Indonesia Bangkit.

Anugerah tersebut diberikan setelah melalui rangkaian penilaian oleh dewan juri yang berlangsung pada tanggal 19 Februari 2022 hingga 31 Maret 2022 silam.

Terdapat tujuh aspek penilaian yang harus dicapai pengelola Desa Wisata, antara lain: Daya Tarik Pengunjung, Homestay, toilet Umum, suvenir, Digital dan Kreatif, cleanliness, health, safety and environmental sustainability (CHSE), kelembagaan.

BACA JUGA:   Optimis Wisata Batam Bangkit dari Mati Suri

Terletak di Kampung Tua Bakau Serip, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Desa Wisata ini menyimpan pesona berupa kawasan mangrove atau konservasi bakau yang disulap menjadi destinasi wisata rekreasi dan edukasi.

Kawasan mangrove yang diberi nama Ekowisata Mangrove Pandang Tak Jemu ini menjadi andalan sebagai ikon wisata di Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip, dimana terdapat bakau-bakau berusia puluhan hingga ratusan tahun yang dilestarikan.

BACA JUGA:   Tabung Gas Melon Dibawa Pakai Mobil Rental

Lokasi Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, serta tidak jauh dari Pelabuhan Nongsa Pura menjadi nilai tambah tersendiri bagi destinasi wisata kebanggaan masyarakat Batam tersebut.

“Saya sudah koordinasi dengan Konsulat Singapura terkait penawaran paket wisata edukasi dan konservasi mangrove di Desa Wisata Kampung Tua Bakau Serip. Jadi pelajar Singapura yang sedang berlibur bisa berwiata disini,” kata Sandiaga Uno.(bar)