Selama Ramadan, Jual Takjil Boleh, Bazar Juga Boleh

767
Muhammad Rudi. Foto: IKC

Batamekspres.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Batam memperbolehkan warga untuk berjualan takjil maupun bazar selama bulan Ramadan. Syaratnya harus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Jualan takjil boleh, bazar juga boleh. Tapi ingat protokol kesehatan diperhatikan,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi kepada media, Kamis, 8 April 2021.

Rudi mengimbau, agar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam untuk turun ke lapangan  mengawasi prokes yang diterapkan pedagang yang berjualan. Agar nanti tidak terjadi menimbulkan kasus Covid-19.

BACA JUGA:   Harga Sapi Berat 300 KG Rp21 Juta, Kambing Rp3 Juta

Selain itu, kata Rudi, warga juga diminta menjaga ketertiban dan tidak menimbulkan kemacetan. 

“Nanti yang ngatur Disperindag terutama prokes ini yang penting. Jadi pedagang dan warga aman dan nyaman saat berjualan dan membeli,” ulasnya. 

Salah satu bazar yang bakal digelar selama bulan puasa yakni Batam Wonderfood Ramadan ke-2 pada 1 Ramadan 1442 Hijriah/2021 Masehi dengan mengusung tema: Jom Balek Kampong yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam.

Lokasi bazar kali ini dilaksanakan di Taman Dang Anom tepatnya di Jalan Sudirman, Batam Centre depan Dishub Kota Batam.

BACA JUGA:   Operasi Pasar Murah Libatkan 50 Distributor

“Setelah satu tahun (2020) tidak digelar. Rencananya tahun ini kita kembali buka Woderfood Ramadan di Taman Dang Anom,” ujar Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata

Lokasi ini dipilih karena memiliki spot foto Instagramable. Di antaranya sayap burung garuda, menara hias setinggi 11 meter, payung hias serta fasilitas penunjang lainnya sehingga cocok jadi tempat berswafoto dan berbuka puasa bersama keluarga, teman, atau rekan kerja. 

“Taman Dang Anom akan jadi tempat seru untuk nongkrong sambil menikmati takjil saat Ramadan,” kata mantan Kabag Humas Sekdako Batam itu. 

BACA JUGA:   Pasar Kaget Ditutup, Pedagang Minta Pemko Carikan Solusi

Selain itu, taman tersebut juga memiliki lampu hias yang dinyalakan sehingga masyarakat Batam bisa melihat suasana Batam yang indah saat malam hari.

Ardi menyampaikan kegiatan tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer serta menjaga jarak. 

“Sesuai dengan tema, makanan yang dijual makanan khas kampung. Seperti lemang, dodol, juadah, kue-kue tradisional, dan makanan berat yang mengenyangkan. Khusus lemang masak ditempat,” ungkap Ardi. (hab)