KM Bintang Surya Terbakar di Selat Malaka

29

Batamekspres.id, Batam – KM Bintang Surya terbakar di antara Perairan Karimun, Selat Malaka, pulang dari Singapura menuju Karimun pada Minggu pagi. Sebanyak 17 awak kapal dikabarkan selamat dan satu orang meninggal dunia.

“Diketahui koordinat kapal kejadian di posisi 01.35.45 U – 103.35.09 T atau di sekitar Perairan Karimun,” ujar komandan KN. Pulau Dana-323, Letkol Bakamla Hananto Widhi Nugroho. S.E.,M.Si.

Hananto Widhi mengatakan, tiba-tiba pada Ahad pagi KN. Pulau Dana-323 mendapat permintaan bantuan darurat melalui kontak radio di channel 16. Pihaknya pun langsung merespon dan dengan kecepatan tinggi bergerak menuju lokasi kejadian. 

BACA JUGA:   Optimis Wisata Batam Bangkit dari Mati Suri

Menurutnya, Pulau Dana-323 Bakamla RI yang mengetahui kejadian langsung menuju TKP dan melaksanakan pemadaman. “Saat itu, KN. Pulau Dana-323 melaksanakan Operasi Amerta Bumi II dan sedang berpatroli di Selat Singapura,” imbuhnya lagi.

Setibanya di lokasi, lanjut Hananto Widhi, KN. Pulau Dana-323 menurunkan rigid inflatable hulled boat (RHIB) dan mengaktifkan peralatan pemadam kebakaran yang dimilikinya. Kemudian berusaha memadamkan api yang membakar kapal.

BACA JUGA:   Komplotan Rampok Dolar Hongkong Ditembak

“Dari hasil identifikasi awal tim Bakamla RI, kapal terbakar jenis kapal kargo kayu bermuatan barang kelontong yang sedang berlayar dari Singapura menuju Tanjung Balai Karimun,” terang Hananto Widhi. 

Diketahui juga, KM. Bintang Surya membawa anak buah kapal (ABK) berjumlah 18 orang. Sebanyak 17 orang selamat dan satu orang di antaranya dinyatakan meninggal dunia. 

“Korban dievakuasi ke KRI Lemadang 631 yang juga turut serta melakukan pertolongan bersama dengan beberapa Kapal Tunda yang sedang melintas, diantaranya adalah TB. Maya dan TB. Maiden Central,” tuturnya. 

BACA JUGA:   Inilah 10 Tips Mudik Aman, Sehat dan Bahagia dari Mabes Polri

Hingga berita ini diturunkan, para korban dibawa ke Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan medis lebih lanjut. Penyebab kecelakaan masih dalam inevstigasi dan KN. Pulau Dana 323 masih melaksanakan pengamanan di sekitar lokasi kejadian

“Masih dilakukan penyelidikan untuk mengetahui apa penyebab kebakaran,” pungkasnya. (jon)