Harga Sayur Bayam dan Kangkung Turun Drastis

101
Seorang petani tengah memenen kangkung di areal pertanian di Batu Aji. Foto: JON

Batamekspres.id, Batam – Harga sayur kangkung turun dratis. Sebelum hari raya Idul Fitri mencapai Rp20 ribu per kilo kini hanya Rp4 ribu.

Menurut pedagang sayur di Pasar SP Plaza, Menak, menurunnya harga sayur ini diperkirakan stok yang banyak di pasaran.

“Hal tersebut karena petani banyak panen, stoknya juga membeludak, bahkan sayur kangkung dari Tanjung Pinang sudah berdatangan, padalah sayur kakung termasuk lokal punya,” jelas Menak kepada media pada Kamis ini.

Diakui Menak, sebelum lebaran, harga sayur kangkung sampai di angka Rp12 ribu hingga Rp 20 ribu. “Bahkan sesudah lebaran, harganya masih belum turun. Walapun kwalitasnya jelek, tetap laku di pasaran,” ucap imbuh Menak.

BACA JUGA:   Vaksin Tahap Dua Tiba di Batam, Simpannya di Gedung Farmasi

Sejak kenaikan harga kakung, ia melanjutkan petani memperbanyak tanaman kangkung. Pasalnya tanaman sayur yang satu ini bisa panen dalam kurun waktu tiga minggu, apalagi diberi pupuk dan penyubur lainnya, maka akan lebih cepat panennya.

Hingga akhirnya, Menak menjelaskan, harga kangkung saat ini sampai angka Rp 3 ribu hingga Rp 4 ribu perkilo. Bahkan kwalitas sayur yang dipanen itu sangatlah bagus.

“Jika pedagang menjualnya seharga Rp 3 ribu atau Rp 4 ribu, maka harga dari petaninya sekitar Rp 1 ribu atau 2 ribu perkilo, sebab tengkulak pasti ambil untung sebelum menjual ke pedagang,” tegasnya.

BACA JUGA:   20 Proyek Pemko Telah Dilelang

Masih dengan Menak, biasanya saat harga kangkung sudah anjlok seperti sekarang, maka kebanyakan petani memilih memusnahkan kangkung ketimbang harus menjualnya

“Biasanya dibabat atau diroundap. Untuk memetik kakung ini pun sudah menghabiskan waktu, sementara harga tidak ada,” ulasnya.

Namun dari pengamatan Menak, harga kangkung akan kembali naik lagi bulan depan. Jika melihat kondisi sekarang, banyak petani yang stop menanam sayur karena memang harganya tidak ada. “Biasanya seperti itu. Petani hanya mengejar harga sayur yang sedang naik,” bebernya.

BACA JUGA:   Gubernur Beberkan Keistimewaan Kabupaten / Kota di Kepri

Tidak hanya sayur kangkung saja yang merosot. Sayur lokal lainnya seperti bayam juga turun harga. Sebelum lebaran, harga sayur kangkung bertengger di angka 22 ribu hingga Rp 23 ribu. Tapi sekarang sudah turun menjadi Rp 12 ribu perkilo.

“Harga sayur yang anjlok terjadi baru-baru ini, meski demikian stok sayur kangkung dan bayam masih tetap masuk, tapi banyak pedagang yang menolak,” pungkasnya. (jon)