Mengenal Jenis Burung Selendang Biru Dan Harga

Burung selendang biru (Cotinga nattereri) adalah spesies burung yang menarik perhatian dengan keindahan bulu birunya yang mencolok. Burung ini terkenal karena keelokan warna bulunya dan dapat ditemui di berbagai wilayah di Amerika Selatan.

Artikel ini akan memberikan informasi mendalam tentang jenis burung selendang biru, makanan yang mereka konsumsi, serta perkiraan harga jika Anda ingin memelihara burung ini sebagai hewan peliharaan. Mari kita eksplorasi lebih lanjut.

Burung Selendang Biru

Jenis Burung Selendang Biru

Burung selendang biru adalah anggota keluarga Cotingidae dan merupakan burung endemik di Amerika Selatan. Mereka ditemukan terutama di hutan hujan tropis Amazon, termasuk Brasil, Peru, dan Kolombia.

Burung ini memiliki ukuran sedang dengan panjang sekitar 30 cm. Bulu utamanya berwarna biru cerah yang menonjol, dengan perbedaan antara burung jantan dan betina. Burung jantan memiliki bulu biru yang lebih terang, sedangkan betina memiliki warna biru yang lebih redup.

Kebiasaan Makan Burung Selendang Biru

mitos Burung Selendang Biru

Burung selendang biru adalah burung pemakan buah. Mereka mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan yang tersedia di habitat mereka, termasuk buah beri, buah pepaya, dan buah-buahan kecil lainnya.

Mereka juga makan serangga, terutama saat sedang mencari makanan untuk anak-anak mereka. Kebiasaan makan burung ini penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem di hutan hujan Amazon.

Makanan Tambahan untuk Burung Selendang Biru yang Dipelihara

Jika Anda memutuskan untuk memelihara burung selendang biru sebagai hewan peliharaan, Anda perlu memberikan makanan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Selain buah-buahan segar, Anda juga bisa memberikan pakan tambahan berupa biji-bijian dan pakan komersial khusus untuk burung pemakan buah. Pastikan makanan yang diberikan mengandung nutrisi yang tepat, seperti serat, protein, vitamin, dan mineral.

Harga Burung Selendang Biru

Harga burung selendang biru dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti usia, kondisi kesehatan, jenis kelamin, dan apakah burung tersebut merupakan burung tangkapan liar atau hasil penangkaran.

Burung selendang biru yang ditangkarkan secara khusus untuk keperluan penjualan biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan burung tangkapan liar. Harga berkisar antara 500.000 hingga 1.500.000 rupiah untuk burung selendang biru yang ditangkarkan.

Kesimpulan

Burung selendang biru adalah spesies burung yang menarik dengan keelokan warna bulu birunya yang mencolok. Mereka adalah burung pemakan buah dan dapat ditemui di hutan hujan tropis Amazon di Amerika Selatan.

Jika Anda ingin memelihara burung ini, pastikan memberikan makanan yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Harga burung selendang biru dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor,

tetapi biasanya berkisar antara 500.000 hingga 1.500.000 rupiah. Mengenal lebih banyak tentang burung selendang biru akan memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang ada di sekitar kita.

Related Posts
Keunikan Burung Jalak Kebo dalam Budaya Populer Indonesia
Burung Jalak Kebo

Burung Jalak Kebo, atau lebih dikenal sebagai Jalak Bali, merupakan burung endemik Indonesia yang terancam punah karena perdagangan liar. Burung Read more

Makanan Burung Kolibri: Panduan Lengkap untuk Kesehatan dan Pertumbuhan Optimal
makanan burung kolibri

Jika Anda ingin membuat makanan untuk burung kolibri, Anda dapat mencampurkan gula merah dengan air hingga larut, kemudian menambahkan serbuk Read more