Cara Belajar Lagu dan Panggilan Burung

Cara Belajar Lagu dan Panggilan Burung – Anda hanya dapat melihat lurus ke depan, tetapi Anda dapat mendengar ke segala arah sekaligus.

Mempelajari nyanyian burung adalah cara yang bagus untuk mengidentifikasi burung yang tersembunyi di balik dedaunan lebat, burung yang jauh,

burung di malam hari, dan burung yang mirip satu sama lain. Faktanya, ketika ahli biologi menghitung burung di lapangan, sebagian besar spesies terdengar daripada terlihat.

Mempelajari panggilan dan lagu membantu Anda dalam dua cara: Pertama, Anda dapat melakukan survei singkat tentang apa yang ada di sekitar bahkan sebelum Anda keluar dari tempat parkir. Dan kedua, ketika Anda mendengar sesuatu yang tidak Anda kenali, Anda tahu di mana harus menaruh perhatian Anda.

Cara Mencari Setingan Kacer

Burung hantu dan nightjars adalah contoh nyata kegunaan pendengaran dalam identifikasi. Contoh bagus lainnya adalah selusin penangkap lalat yang membingungkan di grup Empidonax.

Burung-burung ini terlihat sangat mirip sehingga kadang-kadang tidak mungkin untuk diidentifikasi bahkan di tangan bander burung dengan satu set kaliper pengukuran yang tepat. Tapi semua ketidakpastian itu lenyap begitu mereka membuka mulut.

Lima Tips Untuk Pemula

Tonton Dan Dengarkan

Saat Anda melihat kicauan burung, hubungan antara burung dan kicauan cenderung melekat di benak Anda.

Belajar Dari Ahlinya

Jauh lebih sulit mempelajari kicauan burung dari nol daripada meminta sesama pengamat burung untuk menunjukkannya kepada Anda. Periksa klub burung terdekat atau cabang Audubon dan ikuti kunjungan lapangan.

Dengarkan Rekaman

Mulailah dengan mendengarkan rekaman burung yang sering Anda lihat. Sering-seringlah memainkannya agar suaranya melekat. Panduan burung online kami memiliki lebih dari 600 suara yang dapat Anda dengarkan,

dengan ribuan lainnya tersedia dalam format yang dapat dicari di Cornell Lab of Ornithology’s Macaulay Library. Anda juga dapat membeli panduan audio regional yang diproduksi oleh Perpustakaan Macaulay atau Anda dapat menggunakan aplikasi Merlin Bird ID gratis kami untuk mendengarkan lagu dan panggilan burung hampir di mana saja.

Katakan Pada Diri Anda Sendiri

Beberapa lagu hampir terdengar seperti kata-kata – siapa yang bisa salah mengira “Siapa yang memasak untuk kalian semua” dari Barred Owl? Mnemonik dapat membuat lagu mudah diingat.

Pisahkan lagu menjadi kualitas yang berbeda, termasuk ritme, nada, nada, dan pengulangan. Saat Anda mendengarkan burung-burung di sekitar Anda dan mempelajari rekamannya, coba tempatkan lagu-lagu tersebut dalam berbagai kategori seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Gunakan Fitur ID Suara Merlin Bird ID

Rekam kicau burung di sekitar Anda dan biarkan Merlin membantu Anda mengidentifikasi siapa yang bernyanyi. Merlin memberi Anda informasi waktu nyata tentang siapa yang bernyanyi untuk membantu Anda mengidentifikasi lebih banyak burung. Lihat ID Suara Merlin.

Cara Mendengarkan Lagu

Saat Anda pertama kali mendengarkan paduan suara fajar dalam ayunan penuh, gempuran kicauan burung bisa membuat Anda kewalahan. Bagaimana seseorang mulai membedakan kicauan, peluit,

dan getar yang bergema dari hutan? Jawabannya, tentu saja, adalah berkonsentrasi pada satu burung pada satu waktu – dan pendekatan itu juga berlaku saat Anda mencoba mempelajari lagu satu per satu.

Jangan mencoba menghafal setiap lagu yang Anda dengar. Alih-alih, fokuslah pada satu kualitas suara pada satu waktu. Banyak burung memiliki ritme, nada, atau nada yang khas pada nyanyiannya.

Setelah Anda membidiknya, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang identitas burung itu. Saat Anda menggabungkan karakter-karakter ini, Anda dapat mempersempit segalanya lebih jauh.

Irama

Biasakan diri dengan tempo karakteristik burung. Marsh Wrens bernyanyi dengan tergesa-gesa, sedangkan White-throated Sparrows jauh lebih santai.

Melempar

Kebanyakan burung berkicau dalam kisaran karakteristik, dengan burung yang lebih kecil (seperti Cedar Waxwing) biasanya memiliki suara yang lebih tinggi dan burung yang lebih besar (seperti Common Raven) biasanya memiliki suara yang lebih dalam.

Banyak kicauan burung berubah nada, seperti dalam lagu Prairie Warbler yang meninggi dan berdengung atau siulan manis Canyon Wren yang turun. Beberapa burung khas karena memiliki suara yang mantap, seperti getar Chipping Sparrow.

Pengulangan

Beberapa burung secara khas mengulangi suku kata atau frasa sebelum beralih ke suara baru. Mockingbird Utara melakukan ini berkali-kali berturut-turut. Meskipun Brown Thrashers terdengar serupa, mereka biasanya mengulang hanya dua kali sebelum berubah menjadi suku kata baru.

Nada

Nada kicau burung terkadang sulit untuk dijelaskan, tetapi bisa sangat khas. Pertama-tama, perhatikan apakah suara burung adalah siulan yang jelas, keras atau serak, cair dan seperti seruling, atau getar yang jelas.

Jika Anda dapat mengingat kualitas suara burung, itu dapat memberi Anda petunjuk tentang identitas burung tersebut meskipun burung tersebut tidak menyanyikan nada yang sama setiap saat.

Spektrogram

Pernah berharap Anda dapat “melihat” suara sehingga Anda dapat mempelajari detailnya? Spektogram memungkinkan Anda melakukan hal itu. Itu adalah grafik sederhana yang menunjukkan frekuensi, atau nada, suara, kenyaringannya, dan bagaimana hal ini berubah selama suara.

Dengan sedikit latihan, mereka dapat mengungkapkan lebih banyak tentang suara daripada yang dapat dideteksi oleh telinga Anda sendiri.

Dengan sedikit latihan, Anda dapat membaca bunyinya hampir seperti Anda membaca lembaran musik. Semakin tinggi tanda pada grafik, semakin tinggi nada suaranya.

Kecerahan tanda menunjukkan seberapa keras suara pada saat itu. Saat Anda bergerak dari kiri ke kanan pada grafik, Anda bergerak lebih jauh dalam nyanyian burung.

Selanjutnya, klik Bird Song Hero untuk mencoba keterampilan baru Anda dengan nyanyian burung lainnya. Ini cara yang bagus untuk mulai memvisualisasikan apa yang Anda dengar—yang akan membantu Anda mengetahui siapa yang bernyanyi.

Related Posts
Ternyata Ada Solusi untuk Masalah Kacer Kanibal! Cari Tahu di Sini!
Kacer Kanibal

kacer kanibal - Apakah Anda memiliki kacer di rumah yang terkenal dengan perilaku kanibalnya? Tentu saja, perilaku kanibal pada kacer Read more

Inilah 7 Jenis Burung Pleci Paling Populer di Indonesia
burung pleci

Burung pleci adalah jenis burung kicau kecil yang memiliki suara khas dan populer di kalangan penggemar burung kicau. Jika Anda Read more