Perbedaan Kolibri Wulung dan Kolibri Kelapa

Perbedaan Kolibri Wulung dan Kolibri Kelapa – Dalam dunia burung, kolibri sering kali menjadi salah satu daya tarik utama. Keindahan warna bulu mereka, ukuran tubuh yang kecil,

dan kecepatan terbang yang mengagumkan membuat kolibri menjadi subjek yang menarik untuk dipelajari. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara dua spesies kolibri yang populer, yaitu kolibri wulung (Trochilidae) dan kolibri kelapa (Anthracothorax).

Perbedaan Kolibri Wulung dan Kolibri Kelapa

I. Apa itu Kolibri Wulung?

Kolibri wulung adalah salah satu spesies kolibri yang ditemukan di Amerika Utara. Mereka dikenal dengan nama ilmiahnya Calypte anna dan sering ditemukan di daerah pesisir dan dataran rendah. Berikut ini adalah beberapa ciri khas kolibri wulung:

1. Ukuran Tubuh: Kolibri wulung memiliki panjang tubuh sekitar 10 hingga 11 cm. Meskipun ukurannya kecil, mereka memiliki sayap yang kuat yang memungkinkan mereka terbang dengan kecepatan tinggi.

2. Bulu dan Warna: Bulu kolibri wulung memiliki warna yang indah dan mencolok. Pada jantan, bulu leher dan kepala mereka memiliki warna hijau metalik yang mengkilap, sedangkan pada betina, bulu mereka memiliki warna cokelat zaitun.

3. Sifat dan Perilaku: Kolibri wulung dikenal sebagai spesies yang cerdas dan agresif. Mereka sering bersaing untuk mendapatkan sumber makanan dan teritorial. Suara mereka yang khas, seperti desisan, sering terdengar saat mereka berinteraksi.

harga burung kolibri

II. Apa itu Kolibri Kelapa?

Kolibri kelapa, yang juga dikenal sebagai kolibri raja (Anthracothorax), adalah spesies kolibri yang ditemukan di wilayah Karibia dan Amerika Tengah. Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai kolibri kelapa:

1. Ukuran Tubuh: Kolibri kelapa memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan kolibri wulung. Panjang tubuh mereka dapat mencapai 12 hingga 14 cm, dengan ekor yang panjang dan paruh yang bengkok.

2. Bulu dan Warna: Kolibri kelapa memiliki bulu dengan warna yang mencolok. Pada jantan, bulu mereka memiliki warna ungu berkilau, sedangkan betina memiliki bulu dengan warna cokelat atau hijau zaitun.

3. Sifat dan Perilaku: Kolibri kelapa dikenal karena keindahan suara mereka. Mereka sering menyanyikan lagu dengan nada yang berbeda-beda untuk menarik perhatian pasangan atau untuk melindungi teritorinya. Mereka juga sangat terampil dalam terbang mundur, yang merupakan keunikan yang tidak dimiliki oleh semua spesies kolibri.

burung kolibri

III. Perbedaan antara Kolibri Wulung dan Kolibri Kelapa

Meskipun kolibri wulung dan kolibri kelapa memiliki banyak persamaan, ada beberapa perbedaan penting antara keduanya. Berikut adalah perbandingan antara kedua spesies ini:

1. Ukuran Tubuh: Kolibri wulung memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan kolibri kelapa. Kolibri wulung memiliki panjang tubuh sekitar 10-11 cm, sedangkan kolibri kelapa bisa mencapai 12-14 cm.

2. Warna Bulu: Meskipun keduanya memiliki bulu yang indah, warna bulu kolibri wulung dan kolibri kelapa berbeda. Kolibri wulung memiliki bulu dengan warna hijau metalik pada jantan dan cokelat zaitun pada betina, sedangkan kolibri kelapa memiliki bulu dengan warna ungu berkilau pada jantan dan cokelat atau hijau zaitun pada betina.

3. Suara: Suara kolibri wulung memiliki karakteristik desisan yang khas, sementara kolibri kelapa dikenal karena suara indah yang mereka hasilkan saat bernyanyi.

4. Wilayah Habitat: Kolibri wulung umumnya ditemukan di Amerika Utara, terutama di daerah pesisir dan dataran rendah. Di sisi lain, kolibri kelapa ditemukan di wilayah Karibia dan Amerika Tengah.

5. Kecepatan Terbang: Kedua spesies kolibri ini memiliki kecepatan terbang yang luar biasa. Namun, kolibri wulung seringkali lebih lincah dan cepat dalam terbang, sedangkan kolibri kelapa memiliki kemampuan terbang mundur yang lebih terampil.

IV. Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan perbedaan antara kolibri wulung dan kolibri kelapa. Meskipun keduanya adalah spesies kolibri yang menarik dan memiliki keunikan masing-masing,

terdapat perbedaan dalam ukuran tubuh, warna bulu, suara, habitat, dan kemampuan terbang. Kolibri wulung ditemukan di Amerika Utara dengan warna bulu yang mencolok dan suara desisan yang khas,

sementara kolibri kelapa ditemukan di Karibia dan Amerika Tengah dengan warna bulu yang memikat dan kemampuan terbang mundur yang terampil. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang perbedaan ini, kita dapat lebih menghargai keindahan dan keunikan kedua spesies burung yang menakjubkan ini.

Related Posts
Tips Perawatan Murai Batu Mabung
Tips Perawatan Murai Batu Mabung

Perawatan Murai Batu Mabung - Burung murai batu adalah salah satu burung yang sering dipelihara sebagai hewan peliharaan di Indonesia. Read more

Mengenal Burung Branjangan dan Jenisnya
Burung Branjangan

Burung Branjangan adalah jenis burung yang memiliki keunikan tersendiri. Dengan bulu yang indah dan suara yang merdu, burung ini menjadi Read more